Persyaratan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja ISO 45001

Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan 2018

Dunia tempat kita hidup telah mengalami perubahan yang cepat dalam teknologi, kompetisi, ekonomi, pendidikan, dan sebagainya. Itu terus berkembang dan maju, begitu pula harapan dan tuntutan manusia. Untuk bersaing dalam dunia yang terus berubah, organisasi perlu membangun berbagai pendekatan untuk mengikuti tren industri. Akibatnya, organisasi harus beradaptasi agar berhasil dalam lingkungan yang serba cepat dan kompleks ini. Perubahan-perubahan ini sering melibatkan rantai pasokan multinasional dan operasi-operasi yang di-outsourcing-kan oleh organisasi. Perbedaan antara negara, organisasi, dan masyarakat juga merupakan bagian dari kompleksitas ini. Oleh karena itu, manajemen yang efektif sangat penting dan merupakan prioritas tinggi di tingkat dewan.

Bagi sebuah organisasi, tidak cukup hanya untung, tetapi juga penting bagi mereka untuk memiliki sistem pengendalian internal yang andal yang mencakup risiko-risiko yang terkait dengan kesehatan dan keselamatan kerja, lingkungan dan reputasi bisnis. Setiap organisasi bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan karyawan mereka dan orang lain yang mungkin terpengaruh oleh kegiatan mereka. Organisasi harus beroperasi secara etis, serta mematuhi hukum masing-masing dalam masalah ini.

Statistik yang diterbitkan oleh ILO (International Labour Organization) menunjukkan bahwa: “lebih dari 2,78 juta kematian terjadi setiap tahun karena kecelakaan kerja atau penyakit terkait pekerjaan, di samping 374 juta cedera dan penyakit tidak fatal, yang banyak di antaranya mengakibatkan absen yang lama. dari kerja. “

Tampaknya, sejumlah besar pekerja yang terkena dampak ini sangat memprihatinkan bagi organisasi dan masyarakat secara keseluruhan. Statistik ini adalah bukti jelas bahwa organisasi di seluruh dunia perlu menerapkan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan. Demikian juga, kesehatan dan keselamatan pekerja semakin menjadi prioritas bagi sebagian besar negara dan masyarakat.

Selanjutnya, menurut perkiraan tertentu – lebih dari 40 juta pekerjaan baru akan diciptakan setiap tahun pada tahun 2030, mengikuti pertumbuhan populasi dunia. Oleh karena itu, mengurangi jumlah insiden yang dapat mengakibatkan jumlah kematian yang tinggi (bahkan dalam persentase kecil) akan dianggap sebagai pencapaian besar. Namun, sebagai konsekuensinya, akan ada permintaan tinggi untuk standar “praktik terbaik” untuk membantu organisasi dengan peningkatan kesehatan dan keselamatan. Tren ini mengarah pada kebutuhan untuk pengembangan standar yang diakui di semua wilayah geografis, negara bagian, budaya, dan yurisdiksi, sebagai titik referensi untuk manajemen kesehatan dan keselamatan; mempromosikan komunikasi yang lebih baik tentang masalah-masalah umum.

Aspirasi ISO adalah bahwa “nama ISO dan pengakuan akan memberikan kredibilitas lebih lanjut untuk Standar baru dan mengarah pada adopsi yang lebih luas dari sistem manajemen kesehatan dan keselamatan di tempat kerja.”

Sejalan dengan itu, mengikuti standar kesehatan dan keselamatan kerja akan membantu organisasi mengurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja, menghindari penuntutan yang mahal, mengurangi biaya asuransi, meningkatkan citra publik & reputasi bisnis, dan membangun budaya positif bagi organisasi di mana semua pemangku kepentingan melihat bahwa kebutuhan mereka diperhitungkan.

ISO 45001 adalah standar internasional baru untuk Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang diterbitkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO). Ini adalah standar sukarela yang dapat diadopsi organisasi untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, dan meningkatkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja mereka (OH&S MS).

ISO 45001 adalah standar internasional untuk kesehatan dan keselamatan kerja (OH&S) yang berasal dari OHSAS 18001. Ini memberikan kerangka kerja untuk mengelola pencegahan cedera terkait pekerjaan, kesehatan yang buruk, dan / atau kematian; dengan demikian menyediakan tempat kerja yang aman dan sehat. OHSAS 18001 diperlukan dari organisasi, terlepas dari ukuran, jenis dan / atau kegiatannya, untuk mencegah cedera dan kematian.

ISO 45001 menetapkan latar belakang untuk perbaikan berkelanjutan dalam manajemen kesehatan dan keselamatan berdasarkan pada prinsip-prinsip berikut.

Menyediakan kondisi kerja yang aman dan sehat untuk mencegah cedera terkait pekerjaan dan kesehatan yang buruk;

Memenuhi persyaratan hukum yang berlaku dan persyaratan lainnya;

Kontrol risiko K3 dengan menggunakan hierarki kontrol;

Terus meningkatkan sistem manajemen K3 untuk meningkatkan kinerja organisasi;

Pastikan partisipasi pekerja dan pihak-pihak berkepentingan lainnya dalam OH&S MS.

Secara khusus, standar ISO 45001 lebih maju daripada standar OHSAS 18001; bahkan, British Standards Institute akan menarik atau sepenuhnya melepas OHSAS 18001 dari pasar mereka tepat setelah ISO menerbitkan standar 45001. Perhatikan bahwa British Standards Institute dan ISO adalah dua badan pembuat standar yang berbeda; satu menjadi pengembang resmi British Standards (mis. BS7799), sedangkan lainnya menjadi pengembang resmi internasional.

Jasa Konsultan ISO 9001:2015 | SMK3 | Perizinan | Appraisal

Jasa Audit ISO 9001 | SMK3 | ISO 14001

 

Any Company interesting Relationship , please call us now:

HEAD OFFICE :

STC Senayan , Lantai 4, Ruang No 31-34, Jl. Asia Afrika Pintu IX-Gelora Senayan – Jakarta Pusat 10270

SERTIFIKASI ISO, SMK3, CSMS, & HSE
Contact : Mr Ali
HP / WA : +62813 8016 3185 OR Telp : +6221.7378 561

Email : info@dpkonsultan.com / davidpurba88@gmail.com

NO NPWP : 72.374.431.4-077.000

Open chat
Konsultasi sekarang!