ISO 45001 : Apa, Kapan, Mengapa dan Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Anda?

Pada 12 Maret 2018, ISO 45001 diterbitkan. Berselang satu hari ISO menyelenggarakan diskusi melalui siaran langsung video untuk menjawab semua pertanyaan mengenai standar baru ini.

Kami ingin merangkum poin-poin utama yang disampaikan oleh para ahli yang mengembangkan standar ini.

Percakapan dipandu oleh Maria Lazarte dari Sekretariat Jenderal ISO dengan beberapa narasumber yaitu Richard Jones, Charles Corrie, David Smith, dan Jan Toft Rasmussen. Richard Jones secara aktif terlibat dalam pengembangan OHSAS 18001 serta pengembangan ISO 45001. Charles Corrie adalah Sekretaris komite (ISO / PC 283) yang mengembangkan ISO 45001. David Smith adalah ketua komite ISO PC 283 yang bertanggung jawab untuk pengembangan ISO 45001. Jan Toft Rasmussen adalah konsultan yang berpengalaman di bidang kesehatan dan keselamatan kerja dengan sejarah bekerja di federasi serikat pekerja dan konfederasi.

Kami telah merangkum poin-poin utama mengenai Apa, Kapan, Mengapa, Bagaimana dan Siapa seperti dibawah ini.

APA

Apa itu ISO 45001 ?

ISO 45001 adalah Standar Internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3), dengan panduan untuk penggunaannya, untuk memungkinkan organisasi secara proaktif meningkatkan kinerja SMK3 dalam mencegah cedera dan kesehatan yang buruk.

ISO 45001 dimaksudkan untuk diterapkan pada organisasi apa pun tanpa batasan ukuran, jenis dan sifatnya. Semua persyaratannya dimaksudkan untuk diintegrasikan ke dalam proses manajemen organisasi. ISO 45001 memungkinkan suatu organisasi, melalui sistem manajemen K3 nya, untuk mengintegrasikan aspek-aspek lain dari kesehatan dan keselamatan, seperti kesehatan / kesejahteraan pekerja; Namun, perlu dicatat bahwa sebuah organisasi diwajibkan atas persyaratan hukum yang berlaku untuk juga menangani masalah tersebut.

Apa yang Terjadi pada OHSAS 18001 ?

OHSAS 18001 telah ditarik efektif sejak 12 Maret 2018. Perusahaan yang saat ini menggunakan OHSAS 18001 perlu untuk bermigrasi ke ISO 45001 dalam waktu tiga tahun.

Apa yang Berbeda Antara ISO 45001 dan OHSAS 18001 ?

Mereka sangat mirip karena mereka menggunakan model Plan, Do, Check, Act. ISO 45001 mencakup sebagian besar wilayah OHSAS 18001 untuk kesehatan dan keselamatan kerja.

ISO 45001 Berbicara tentang Kepemimpinan

Perbedaannya adalah 45001 mengikuti struktur standar internasional lainnya. Ada fokus yang jauh lebih besar pada tanggung jawab kepemimpinan dalam ISO 45001. Ini juga tentang perlunya partisipasi pekerja. Standar ini bertujuan untuk mendapatkan kesehatan dan keselamatan pekerja menjadi hal utama dalam cara perusahaan beroperasi, terintegrasi ke dalam proses bisnis secara keseluruhan. Kesehatan dan keselamatan kerja bukanlah proses yang berdiri sendiri atau tanggung jawab satu orang atau departemen.

Dari para delegasi di komite yang mewakili pekerja, mereka berusaha untuk berpartisipasi dalam menciptakan tempat kerja yang lebih aman tetapi mereka benar-benar menginginkan bahasa dalam standar untuk memastikan bahwa manajemen puncak secara jelas memegang tanggung jawab utama untuk menetapkan hal tersebut pada organisasi.

ISO 45001 Lebih Komprehensif

ISO 45001 dirancang untuk memperhitungkan lebih banyak faktor daripada OHSAS 18001. Misalnya, ISO 45001 mengenali format lain untuk pengumpulan dan penyimpanan data – seperti format digital untuk mengurangi dokumen. Di luar daripada kesehatan dan keselamatan kerja , ISO 45001 sebagai alat bantu manajemen  guna memperkuat keseluruhan bisnis jika mereka mengikutinya.

ISO 45001 Lebih Proaktif

ISO 45001 berfokus pada penilaian berkesinambungan terhadap peluang untuk mengurangi risiko.

ISO menggunakan istilah di seluruh standar sistem manajemen lain yang familiar dengan pengguna – misalnya, istilah “persyaratan hukum” digunakan sebagai ganti “kewajiban kepatuhan” karena mereka ingin memperjelas bahwa beberapa negara memiliki persyaratan hukum untuk melakukan hal-hal tertentu.

Standar mengejar gagasan bahwa setiap karyawan memiliki peran dalam berpikir tentang kesehatan dan keselamatan kerja. Misalnya, manajer pembelian harus memikirkan risiko sebelum mereka menempatkan setiap pesanan peralatan yang akan digunakan oleh pekerja.

Bagaimana dengan usaha kecil ?

Usaha kecil (UKM) benar-benar dapat mengadopsi 45001 bahkan jika mereka saat ini tidak menerapkan OHSAS 18001.

ISO 45001 menjelaskan bahwa semua manajemen puncak memiliki peran dalam kesehatan dan keselamatan.

KAPAN

ISO 45001 diterbitkan pada 12 Maret 2018. Pada hari itu, OHSAS 18001 secera efektif ditarik. Perusahaan yang saat ini menggunakan OHSAS 18001 perlu untuk bermigrasi ke ISO 45001 dalam waktu tiga tahun. Periode transisi dimulai 3-12-18 sampai 3-12-21, dan semua sertifikasi OHSAS 18001 harus dimigrasikan ke ISO 45001.

MENGAPA

Mengapa Standar ISO 45001 Dibuat ?

Lebih dari 7.600 orang meninggal setiap hari akibat kecelakaan atau penyakit yang berkaitan dengan pekerjaan. Video tersebut menyebutkan fakta bahwa setiap 12 detik seorang pekerja meninggal dunia di tempat kerja. Beban cedera dan penyakit akibat pekerjaan sangat signifikan, baik untuk  pelaku usaha dan ekonomi yang lebih luas, yang mengakibatkan kerugian dari pensiun dini, tidak adanya staf dan meningkatnya premi asuransi.

Standar Internasional Membuat Kemudahan Akses

Jelas ini masalah di seluruh dunia untuk memiliki standar internasional yang katakanlah hampir terlambat. Meskipun ada standar kesehatan dan keselamatan lokal dan bahkan nasional, diperlukan standar resmi yang melampaui cakupan yang lebih luas untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat di mana saja. Diharapkan, dengan standar internasional yang baru, akan menciptakan standar yang lebih populer dan dapat diakses di seluruh dunia dan jumlah pekerja yang cedera akan berkurang seiring waktu.

BAGAIMANA

Bagaimana ISO 45001 membantu pekerja ?

Standar ISO 45001 memberikan pendekatan yang sistematis dan komprehensif mengenai kesehatan dan keselamatan berkaitan dengan pekerjaan. Ini menjawab banyak pertanyaan spesifik tentang bagaimana mencegah cedera dan penyakit, daripada hanya berurusan ketika masalah tersebut muncul.

Kesehatan dan Keselamatan kerja adalah tanggung jawab bersama

Semua tingkat organisasi dibahas dalam standar ini. Tidak hanya berlaku untuk satu karyawan atau departemen, melainkan, ISO 45001 menawarkan pedoman untuk seluruh tingkatan organisasi, terutama para pembuat keputusan dan kepemimpinan.

Menggunakan APD Sebagai Jalan Terakhir

Daripada menawarkan APD (alat pelindung diri) dan menggantung tanda keselamatan, standar ini bertujuan untuk menjadi lebih “di depan” sebelum terjadi masalah.

Contoh disampaikan dalam video tentang kelebihan kebisingan. Meskipun banyak rekomendasi mungkin hanya menawarkan APD kepada pekerja berkaitan dengan kebisingan, standar ini mengilustrasikan cara bekerja untuk menentukan kebisingan, mengukurnya, dan cara memitigasinya, bukan hanya memberikan perlindungan telinga.

APD bukan fondasi standar keselamatan. Standar membantu organisasi menciptakan lingkungan yang tidak memerlukan APD sebagai yang pertama. Dengan kata lain, APD adalah pilihan terakhir.

Bagaimana kita bisa meyakinkan top manajemen untuk mengadopsi ISO 45001 ?

Ada banyak manfaat untuk mengikuti atau disertifikasi ISO 45001. Ini termasuk peningkatan kinerja secara menyeluruh, kerjasama yang lebih baik di antara karyawan dan manajer, lebih menghargai di antara jajaran pekerja dan manajemen, biaya asuransi berkurang, dan pergantian pekerja yang lebih sedikit.

Di beberapa negara, standar ini membantu memastikan persyaratan hukum terpenuhi. Ini dapat mengurangi tekanan suatu organisasi dari pengawas ketenagakerjaan atau pemerintah. Dan pada akhirnya, memenuhi kepuasan pelanggan atau permintaan bahwa mitra mereka memiliki sistem untuk melindungi karyawan.

Bagaimana ISO 45001 Terintegrasi dengan Standar ISO lainnya ?

Dalam mengembangkan ISO 45001, komite memastikan kompatibel dengan Lampiran SL – yang merupakan kerangka yang digunakan oleh ISO 9001, ISO 14001 dan ISO 27001. Terminologi umum yang digunakan pada semua standar sehingga lebih mudah untuk menyelaraskan ISO 45001 dengan ISO 9001. Bagi perusahaan yang menggunakan kedua standar ini, akan menjadi perusahaan yang lebih kuat, lebih baik, lebih tinggi dan lebih aman.

SIAPA

Siapa yang Mengembangkan ISO 45001 ?

ISO 45001 dikembangkan oleh ISO / PC 283, sebuah komite teknis yang terdiri dari para ahli dari seluruh dunia. Komite ISO 45001 memastikan mereka mendapat umpan balik dari semua pihak yang akan terpengaruh oleh ISO 45001. Mereka berusaha untuk mencapai keseimbangan antara pemerintah, pengusaha dan pekerja, sehingga mereka meminta dan menerima rekomendasi tentang siapa yang harus dilibatkan dalam proses pengembangan standar dari ketiga kelompok utama itu.

Delegasi dari tiga wilayah ini dinominasikan untuk mewakili kepentingan mereka dalam pengembangan standar. Delegasi mewakili 85 negara.

Komite juga memiliki perwakilan hubungan eksternal dari : Organisasi Buruh Internasional, Kongres Serikat Perdagangan Internasional, Organisasi Pengusaha Internasional dan lain-lain.

Siapa yang membutuhkan ISO 45001 ?

ISO 45001 dirancang untuk setiap perusahaan, di industri apa pun, dari berbagai ukuran, di lokasi mana pun di seluruh dunia. Setiap perusahaan yang peduli dengan karyawannya dapat menggunakan standar ini, bahkan jika mereka tidak ingin disertifikasi.

Apakah diwajibkan Sertifikasi ?

Perusahaan dapat menggunakan standar ini untuk memastikan bahwa organisasi mereka aman dengan melakukan perbandingan terhadap persyaratan standar. ISO 45001 dirancang sebagai alat terlepas apakah perusahaan mencari sertifikasi atau tidak.

Bagi pemegang Sertifikasi OHSAS 18001

OHSAS 18001 telah ditarik efektif tertanggal 12 Maret 2018.

Perusahaan yang saat ini menggunakan OHSAS 18001 perlu untuk bermigrasi ke ISO 45001 dalam waktu tiga tahun. Tiga tahun adalah periode standar waktu yang digunakan ISO untuk memberikan pemegang standar untuk meng-upgrade ke standar yang baru diterbitkan. Semua sertifikasi atas dasar standar ISO 45001.

Siapakah yang tekena dampak ISO 45001 ?

Karyawan dan Subkontraktor / Vendor

Organisasi juga harus mempertimbangkan apa yang dilakukan oleh pemasok dan subkontraktor. Mereka tidak membutuhkan pengetahuan yang terperinci, tetapi organisasi harus menempatkan interaksi yang sesuai untuk personel dari pemasok dalam sistem organisasi.

 

Any Company interesting Relationship , please call us now:

HEAD OFFICE :

STC Senayan , Lantai 4, Ruang No 31-34, Jl. Asia Afrika Pintu IX-Gelora Senayan – Jakarta Pusat 10270

SERTIFIKASI ISO, SMK3, CSMS, & HSE
Contact : Mr Ali
HP / WA : +62813 8016 3185 OR Telp : +6221.7378 561

Email : info@dpkonsultan.com / davidpurba88@gmail.com

NO NPWP : 72.374.431.4-077.000

Open chat
Konsultasi sekarang!